Traveling ke Eropa? Pahami Dulu Asuransi Perjalanan untuk Visa Schengen

Lifestyle Kaya Sugih

Anda sedang berencana untuk menghabiskan masa liburan dengan melakukan traveling ke Eropa? Jika ya, asuransi online bisa dijadikan pilihan terbaiknya bagi Anda yang belum memiliki asuransi perjalanan. Namun apabila Anda ingin melakukan perjalanan ke Eropa maka visa schengen juga harus Anda miliki. Berikut beberapa penjelasan singkatnya.

Pengertian Asuransi Perjalanan

Hal pertama yang mesti Anda ketahui terlebih dulu adalah definisi dari asuransi perjalanan itu sendiri. Sederhananya, asuransi perjalanan merupakan alat pelindung bagi Anda yang sedang melakukan perjalanan. Apabila di negara tujuan, ternyata Anda mendapatkan musibah maka asuransi bisa memberikan perlindungan khusus untuk Anda.

Sebut saja mulai dari kecelakaan, kehilangan barang, pengobatan, bencana alam hingga kematian. Asuransi ini akan melindungi Anda baik dalam perjalanan darat, perjalanan laut hingga perjalanan udara. Mengingat betapa tidak terduganya tempat tujuan maka memiliki asuransi perjalanan adalah hal mutlak yang harus dimiliki.

Asuransi Perjalanan untuk Visa Schengen

Visa schengen sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari perjanjian Schengen yang dilakukan oleh beberapa negara di Eropa. Hal tersebutlah yang kemudian membuat setiap orang yang ingin memasuki negara Eropa yang berada dalam perjanjian tersebut akan membutuhkan visa schengen.

Bisa dibilang dengan memiliki visa schengen maka berbagai manfaat bisa Anda perolehkan selama berada di negara Eropa tujuan. Salah satu yang paling utamanya adalah apabila terjadi kehilangan atau kerusakan bagasi maka akan diurus dengan cepat. Bahkan pada waktu terjadi kerusakan saat itu juga.

Prosedur Mengurus Visa Schengen

Untuk bisa membuat atau mengurus visa schengen tentunya ada beberapa prosedur untuk melakukannya. Bagi Anda yang belum pernah membuatnya maka pasti masih awam dalam prosedurnya. Untuk itulah, berikut akan dijelaskan prosedurnya yang dijelaskan secara bertahap dan juga rinci.

  1. Menghubungi Kedutaan Besar

Prosedur pertama yang mesti Anda jalani adalah dengan mendatangi Kedutaan Besar dari negara yang akan dituju. Ada Kedutaan Besar Belanda, Hungaria, Swiss hingga Yunani yang terletak di Jalan HR. Rasuna Said, Jakarta. Sedangkan bagi Anda yang ingin ke Italia maka harus mengunjungi Kedutaan Besar Italia yang ada di Jalan Dipongero, Jakarta.

Ada dua hal yang mesti Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih Kedutaan Besar yang dikunjungi. Pertama adalah negara tujuan awal dan mana negara yang bakal disinggahi dalam waktu yang lama. Setelah mengetahuinya maka Anda bisa memutuskan Kedutaan Besar mana yang Anda butuhkan untuk dikunjungi.

  1. Membuka Situs Kedutaan Besar

Berikutnya Anda wajib untuk membuka situs Kedutaan Besar yang dituju. Hal ini untuk membuat Anda paham berbagai persyaratan yang diajukan oleh Kedutaan Besar untuk bisa mendapatkan visa schengen. Tidak perlu bingung untuk mencari alamatnya karena di internet, sudah tersedia banyak sekali referensinya. Bisa dibilang hampir sama seperti asuransi online.

  1. Melengkapi Dokumen Persyaratan

Untuk bisa memiliki visa schengen tentunya ada beberapa dokumen yang harus Anda lengkapi. Mulai dari passport, bukti rekening hingga tiket perjalanan. Dokumen persyaratan ini terkadang berbeda-beda tergantung kebijakan dari negara tujuan Anda. Untuk itulah, pentingnya mencari tahu persyaratan dari tujuan keberangkatan Anda.

Sekarang Anda sudah tahu apa itu visa schengen dan bagaimana cara untuk bisa mendapatkannya. Dengan memiliki visa ini maka bisa dibilang perjalanan Anda selama di Eropa lebih mudah dan juga lebih aman. Namun apabila Anda belum memiliki asuransi perjalanan sebagai syarat visa schengen maka segera mendaftar dengan asuransi online yang lebih cepat.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Most popular articles related to Traveling ke Eropa? Pahami Dulu Asuransi Perjalanan untuk Visa Schengen